Dana pelatnas SEA Games 2019 Filipina tak lama lagi akan mencair

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menegaskan komposisi kontingen Indonesia ke SEA Games 2019 Filipina. Sebanyak 60 persen skuat Merah Putih bakal diisi atlet junior. Komposisi antara atlet senior dan junior ke SEA Games 2019 Filipina itu sempat dilontarkan pada 2018. Sempat menuai pro dan kontra, Imam bersikukuh, kontingen dihuni pemain muda. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menegaskan komposisi kontingen Indonesia ke SEA Games 2019 Filipina. Sebanyak 60 persen skuat Merah Putih bakal diisi atlet junior.

Komposisi antara atlet senior dan junior ke SEA Games 2019 Filipina itu sempat dilontarkan pada 2018. Sempat menuai pro dan kontra, Imam bersikukuh, kontingen dihuni pemain muda.
Kementerian Pemuda dan Olaharga (Kemenpora) akan mencairkan dana pelatnas SEA Games 2019 Filipina tak lama lagi. Rencananya, Januari ini.

Indonesia sudah ditunggu hajatan multievent, SEA Games 2019. Pesta olahraga negara-negara se-Asia Tenggara itu dilaksanakan 30 November hingga 11 Desember. Sebanyak 56 cabang olahraga dengan 521 nomor dipertandingkan di SEA Games 2019. Indonesia akan bersaing dengan sepuluh negara lain. Untuk menyiapkan atlet, pelatnas pun digeber. Program itu didanai pemerintah.

“Secara administratif, kami akan menyiapkan diri. Masalah anggaran, mudah-mudahan, Januari digelontorkan,” kata Sekretaris Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto, di Jakarta, Kamis (3/12), yang dilansir Antara. Sebelumnya, Kemenpora mengumumkan dana pelatnas menuju SEA Games 2019 sebesar Rp 500 miliar. Nilai itu lebih rendah ketimbang pelatnas tahun lalu yang mencapai Rp 735 miliar. Sementara, alokasi APBN untuk Kemenpora sebesar Rp 1,95 triliun. Selain itu, Gatot mengingatkan jika pengurus cabang olahraga bisa menggunakan venu-venue di kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, untuk menggeber pelatnas secara gratis. Kemenpora akan memberikan rekomendasi.

“Izin sudah diberikan dan berlaku sejak Asian Games. Selama untuk SEA Games dipersilakan. Tapi, belum ada cabang olahraga yang mengajukan surat kepada kami,” ujar Gatot.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*